1 prima atau bukan

1

Ada yang nanya ke gw, 1 itu prima atau bukan?

Bilangan prima didefinisikan bilangan bulat yang hanya mempunyai TEPAT 2 faktor, dengan kata lain hanya bisa dibagi habis oleh tepat 2 bilangan yaitu 1 dan bilangan itu sendiri.

Pertanyaannya bilangan apa yang membagi 1?.

Jelas, cuman 1 yang membagi habis 1

Apa ada bilangan bulat selain 1 yang membagi habis 1?

Tidak

Jadi hanya satu adalah satu-satunya faktor dari satu (banyakamat ya, kata satu nya)

Padahal syarat bilangan prima harus mempunyai tepat 2 faktor.

.: Maka 1 bukan prima

About Nursatria

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Teori Bilangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to 1 prima atau bukan

  1. belajar matematika says:

    kalau -1 prima ya ??
    kan -1 bilangan bulat dan punya tepat 2 faktor yaitu -1 dan 1

  2. Pingback: 1 prima atau bukan | Free E-Book

  3. Azki Yorinta says:

    Tet, menambahkan:
    Syarat bilangan prima haruslah mempunyai tepat 2 faktor yang berbeda…

    Jika tidak prima, maka disebut bilangan komposit (composite number)

  4. Proof { } says:

    emang ada yach di tes gmat, baru tau..
    soalnya gak pernah ikutan 😀

  5. Dino says:

    kalo ini aku tau.. abis sering keluar di tes gmat..

  6. Proof { } says:

    yup, bilangan prima dimulai dari 2
    2,3,5,7,11,….

    banyak orang yang keliru, yang berpikiran bilangan prima dimulai dari 1, padahal seoerti yang saya jelaskan satu bukan prima

  7. edy says:

    jadi bilangan prima dimulai dengan 2?
    udah lupa ama pelajarannya sih 😀

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s