Dyscalculia Mathematics disorder

dyscalculia

Tanpa sengaja saya nemu web forum DyscalculiaForum.com, sebuah web forum yang membahas tentang dyscalculia. Katanya 3,6% dari populasi manusia di bumi menderita dyscalculia

Apa itu dyscalculia?

menurut forum tersebut adalah

Dyscalculia is a specific learning disability in mathematics. Dyscalculia is a word you use to describe when people have significant problems with numbers – but still have a normal or above normal IQ. It seems that no dyscalculic has problems with math alone, but also struggle with problems being able to learn to tell time, left/right orientation, rules in games and much more. See the list of symptoms. Also, there are more types of dyscalculia, and all types demand specific learning methods aimed at the specific problem.

Waow..jujur saya sendiri baru tau ternyata ada to kelainan yang membuat orang sulit belajar matematika. Menurut forum tersebut dycalculia disebut juga mathematics diorder. Karena penasaran, saya tanya mbah google ternyata sudah cukup banyak artikel yang membahas dyscaculia atau mathematics disorder

Gejala /symptoms:

Saya rangkum dari beberapa sumber

  • Sulit mememahami konsep matematika seperti “kurang dari(<)” atau “lebih dari”
  • Sulit mengurutkan nomer dari yang terbesar ataupun sebaliknya
  • Lemah dalam hitung-hitungan, saya dulu pernah memberikan les privat ke anak kelas 3 sma yang tidak hapal perkalialian 1 sampai 10. saya tanya berapa 7×8, di gak tau..
  • Sulit membedakan kanan atau kiri, jujur saya punya temen yang sering kebalik-bolak mana kanan mana kiri
  • Sulit mengingat nomer, orang yang mengidap dyscalculia bisa jadi tidak inget no telepon rumahnya sendiri.
  • Nilai pelajaran matematikanya rendah (kayak nya yang ini, udah jelas dech)

Sebenarnya masih banyak gejala-gejala yang lainnya, untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini atau disini

Penyebab.

Sampai sekarang belum diketaui pasti apa penyebabnya,

Perawatan/Treatment:

ampe sekarang belum ditemukan obat buat dycalculia tapi si penderita bisa dirawat dengan diajarkan matematika dengan metode yang lebih humanis dan personal

Source:

http://www.dyscalculiaforum.com/viewpage.php?page_id=15

http://www.minddisorders.com/Kau-Nu/Mathematics-disorder.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Dyscalculia

About Nursatria

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll and tagged , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Dyscalculia Mathematics disorder

  1. captaint says:

    kayaknya dyscalculia ini perlu dibagi lagi ke dalam beberapa kelompok, seprti : dyscalculia Analisis. Dyscalculia Aljabar, dan Dyscalculia statistik, dll. Yang kena dyscalculia analisis belum tentu kena dyscalculia aljabar, dan sebaliknya. Soalnya sedikit banyak saya saya mengalaminya. mengerti maksud saya. pahamilah….

  2. OmRudi says:

    semacam autis gt bukan ya?

  3. Aria Turns says:

    # Yari Nk: menurut Tante wiki salah satu penyebabnya adalah kelainan genetis tapi pastinya belum diketahui

  4. Yari NK says:

    Wah…. kelainan itu psikologis atau genetis ya?? Kata beberapa orang yang antipsikologi sih psikologis itu juga ada faktor genetisnya. Ah… tauk deh… hehehe….

  5. hendry says:

    @atas: Hwahwahwa… Kalo menular mah parah deh.. Dunia dah kiamat.

  6. winky says:

    Busyet..yang kayak gini menular g ya??hehehehe

  7. hendry says:

    Wew.. Parah…. Masak “alergi angka” mpe segitunya….

  8. nita says:

    wah saya kayaknya salah satu penderita nih. sulit mengerti matematika dan membedakan arah…di jalan jd sering nyasar

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s