matematika??

Kemarin, selepas sholat Jumat, saya bercakap-cakap dengan bapak RT, beliau bertanya

Mas, matematika itu belajar apa sich? hitung-hitungan ya?

Saya menjawab

Gak, pak saya belajar konsep bukan lagi hitung-hitungan.

Banyak orang yang salah kaprah mengenai matematika, banyak orang berpikiran kalo matematika itu hanyalah berhitung/aritmatika, ya memang berhitung/aritmatika adalah bagian dari matematika tetapi matematika lebih dari sekedar itu

Apa yang dipelajari oleh matematika?

Saya punya teman dia mahasiswa fakultas peternakan, saya lihat dia belajar bagaimana caranya hewan ternak tumbuh subur sehat, gak mudah sakit kalo di potong dagingnya banyak, dengan kata lain objek yang dia pelajari adalah hewan ternak. Nah..bagaimana dengan matematika? apa yang dipelajarinya? apa objek studi dari matematika?

Menurut saya, matematika itu mempelajajari sesuatu konsep abstrak yang hanya ada di kepala kita. Selama kuliah saya belajar mengenai ruang vektor, ring, modul, dll sesuatu yang hanya ada di kepala kita bahkan yang  namanya bilangan seperti satu, dua , tiga gak lain dan gak bukan hanyalah  konsep kita untuk menyatakan jumlah dari sesuatu hal, ya kan? dan konsep-konsep tersebut berjalan menurut aturan atau rambu-rambu yang kita sebut sebagai logika, jadi secara sederhana menurut saya matematika itu mempelajari konsep-konsep abstrak yang hanya ada di kepala kita yang berjalan menurut kaidah-kaidah logika dan keterkaitan antara konsep yang satu dengan yang lainnya.

Buat apa kita belajar matematika?

Buat apa sich kita belajar matematika? buat apa sich kita susah-susah belajar matriks,vektor, limit, turunan atau integral kalau itu semua gak pernah kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dosen saya pernah berkata berkata bahwa tujuan dari matematika adalah mengasah orang untuk berpikiran logis dan sistematis. Jujur saya sering ketawa kalo ngeliat politukus kita ngomong di tv, logika berpikir mereka bener-bener amburadul dan berantakan. saya miris melihat negeri ini diurus oleh orang-orang yang logika berpikirnya amburadul seperti mereka. Dengan matematika kita belajar untuk memecahkan suatu masalah, kita mencari solusi dari suatu masalah. Dengan matematika kita belajar bagaimana melihat suatu masalah dan menggunakan asumsi-asumsi/fakta-fakta yang diketahui untuk mencari solusinya.

Ya..cukup sekian tulisan saya mengenai matematika, ada yang mau nambahin?

 

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**

About Nursatria

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to matematika??

  1. diah A S says:

    Ass. wr.wb.
    Saya mau tanya, bagaimana mengajarkan anak agar dia menyukai matematika , karena kebetulan bersekolah di sekolah alam, jadi anak saya maunya belajar sambil bermain, saya mau tipsnya , karena matematika penting padahal secara logika dia mampu hanya saja tidak mau latihan.

  2. randy says:

    saya tambahin:
    Karena hidup perlu perhitungan

  3. rully says:

    sip..

    setuju dengan mas ku yang satu ini..

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s